Kurikulum
dan instruksi yang berdasarkan startegi pembelajaran kontekstual haruslah
dirancang untuk merangsang 5 bentuk dasar dari pembelajaran, antara lain :
1. Relating (menghubungkan). Relating
adalah belajar dalam suatu konteks sebuah pengalaman hidup yang nyata atau awal
sebelum pengetahuan itu diperoleh siswa. Guru menggunakan relating ketika
mereka mencoba menghubungkan konsep baru dengan sesuatu yang telah diketahui
oleh siswa.
2. Experiencing, Guru harus mampu
memberikan kegiatan hands on kepada siswa sehingga dari kegiatan yang dilakukan
siswa tersebut siswa dapat membangun pengetahuannnya.
3. Applying, Sebagai strategi belajar
siswa dalam mengapikasikan konsep- konsep. Kenyataannya, siswa mengaolikasikan
konsep-konsep ketika mereka berhubungan dengan aktivitas penyelesaian masalah
yang hands-out dan proyek-proyek.
4. Cooperating, Bekerja sama- belajar
dalam konteks saling saling berbagi, merespon, berkomunikasi dengan plajar
lainnya adalah strategi instruksional yang utama dalam pengajaran kontekstual.
Pengalaman dalam bekerja sama tidak hanya menolong untuk mempelajari suatu
bahan pelajaran, hal ini juga secara konsisten berkaitan dengan penitikberatan
pada kehidupan nyata dalam pengajaran kontekstual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar